Simpus: Jawaban Pelayanan Kesehatan Prima

Sistem Informasi Manajemen Puskesmas atau lebih dikenal dengan istilah Simpus adalah sebuah sistem informasi kesehatan yang khusus dirancang untuk membantu pelayanan kesehatan di puskesmas. Sebagai sebuah sistem informasi, Simpus menyediakan berbagai fasilitas pencatatan, monitoring dan pelaporan semua kegiatan pelayanan kesehatan di puskesmas. Mulai dari pelayanan dalam gedung sampai pelayanan luar gedung semua tercatat dengan rapi dalam Simpus.

Pada banyak kasus, seringkali pelayanan kesehatan di puskesmas masih menggunakan cara-cara pencatatan manual, baik dalam bentuk tulisan tangan maupun dengan alat bantu komputer dalam bentuk naskah word maupun tabel excel. Data-data yang dicatat secara manual ini tidak sanggup memberikan informasi yang otomatis dan cepat terkait rekap pelayanan kesehatan bulanan. Harus ada proses menghitung/melidi satu-persatu dari setiap data untuk bisa menghasilkan data rekap. Selain memakan waktu dan tenaga, proses manual ini rentan dengan kesalahan sehingga data yang dihasilkan tidak akurat/valid.

Contoh kasus yang seringkali dikeluhkan petugas puskesmas adalah proses pencatatan register pasien dan pencatatan riwayat kesehatan pasien (medical record) yang sangat memakan waktu dan butuh tenaga dan pikiran ekstra. Bisa dibayangkan jika pasien yang datang di puskesmas mencapai 80 orang perhari atau lebih, dengan proses pencatatan registrasi yang manual ditulis tangan di buku induk register, tentu akan melelahkan. Padahal tuntutan pelayanan kesehatan sekarang adalah puskesmas mampu memberikan pelayanan kesehatan prima: cepat, tepat dan educated. Dengan Simpus semua kendala seperti ini bisa diatasi.

Program aplikasi Simpus telah dibangun dalam bentuk modul-modul (paket) aplikasi per unit pelayanan. Aplikasi yang dipasang di puskesmas dan puskesmas pembantu terdisi dari 12 modul utama. Satu modul lagi dipasang di Dinas Kesehatan untuk melakukan  integrasi data. Modul-modul tersebut sudah saling terkait/terintegrasi dimana keluaran dari suatu modul bisa menjadi masukan bagi modul yang lain. Setiap modul telah dilengkapi dengan pengamanan berupa user name dan password yang bisa dikelola secara mandiri. Adapun modul-modul tersebut adalah sebagai berikut:

MODUL REGISTRASI PASIEN
Modul ini berfungsi sebagai pintu utama palayanan kesehatan di puskesmas dalam hal pencatatan data pasien melalui registrasi kunjungan dan pengelolahan buku induk. Modul ini menyediakan fitur-fitur sebagai berikut:
1. Master data : Jenis karcis, Jenis pekerjaan pasien, Kategori pasien, Jenis pelayanan kesehatan
2. Registrasi/penerimaan pasien umum, mencakup pasien baru dan pasien lama. Termasuk didalamnya meliputi : Fasilitas pencarian data pasien (F1), Fasilitas cetak buku induk, Fasilitas cetak kartu pasien, Fasilitas cetak papir
3. Fasilitas registrasi pasien usila dan posyandu
4. Fasilitas pengelolaan buku induk pasien
5. Fasilitas input rekap karcis dari Puskesmas Pembantu/polindes
6. Laporan-laporan : Register Pasien, Kunjungan Pasien, Rekap penerimaan pembayaran, Penerimaan pembayaran detil, Rekap bulanan penjualan karcis, Rekap kunjungan pasien dalam/luar wilayah, Jumlah kunjungan per kategori pasien per tahun, Rekapitulasi kunjungan rawat jalan, Jumlah kunjungan per katagori pasien per bulan, Pengolahan laporan dengan excel, Sensus harian loket

MODUL POLI BP/UMUM
Modul Simpus ini menyediakan fasilitas untuk mencatat pelayanan kesehatan di Poli Umum/BP. Menyediakan fitur-fitur sebagai berikut :
1. Master data tindakan Fasilitas pelayanan pasien, meliputi : Diagnosa, Anamnesa, Tindakan medis, Pemeriksaan laborat / radiologi, Pembuatan resep, Preview riwayat pasien (medical record), Fasilitas pembuatan surat keterangan: keterangan sehat, keterangan sakit dan surat kematian, Fasilitas pembuatan surat rujukan: umum, askes dan askeskin, Fasilitas pembayaran, Fasilitas rujuk/mutasi: ke unit/poli lain dan ke Rumah Sakit
2. Fasilitas input SP2TP
3. Fasilitas surveilans penyakit, meliputi: master penyakit surveilans, data surveilans penyakit, Laporan mingguan wabah
4. Laporan-laporan poli BP/Umum : Register rawat jalan, Daftar kunjungan pasien, Daftar pasien dirujuk, Rekap pasien dirujuk, Medical record pasien, Laporan data kesakitan, Jumlah penyakit per desa, Laporan bulanan kegiatan diare, Rekapitulasi jenis kunjungan, Data pasien per klasifikasi umur dan penyakit (detil), Data pasien per klasifikasi umur dan tindakan (detil), Data pasien per klasifikasi umur, penyakit, dan desa/kelurahan (rekap), Monitoring campak

MODUL POLI GIGI & MULUT
Modul Simpus ini menyediakan fasilitas untuk mencatat pelayanan kesehatan di Poli Gigi dan Mulut. Menyediakan fitur-fitur sebagai berikut :
1. Master data tindakan
2. Fasilitas pelayanan pasien, meliputi : Diagnosa, Anamnesa, Tindakan medis, Pemeriksaan laborat / radiologi, Pembuatan resep, Preview riwayat pasien (medical record)
3. Fasilitas pembuatan surat keterangan: keterangan sehat, keterangan sakit dan surat kematian
4. Fasilitas pembuatan surat rujukan: umum, askes dan askeskin
5. Fasilitas pembayaran
6. Fasilitas rujuk/mutasi: ke unit/poli lain dan ke Rumah Sakit
7. Laporan-laporan : Register rawat jalan gigi & mulut, Daftar kunjungan pasien, Daftar pasien dirujuk, Rekap pasien dirujuk, Medical record pasien, Rekapitulasi jenis kunjungan, Laporan register gigi

MODUL POLI KIA
Modul Simpus ini menyediakan fasilitas untuk mencatat pelayanan di Poli Kesehatan Ibu dan Anak (KIA). Menyediakan fitur-fitur sebagai berikut :
1. Pelayanan pasien, meliputi fasilitas: Diagnosa, Pembutan resep, Kartu peserta KB, Kartu ibu, Kartu nifas, Kartu neonatal, Kartu anak, Imunisasi TT, KSPR, Mutasi dan Rujuk
2. Master sasaran : Sasaran bayi, Sasaran ibu hamil, Sasaran KB, Sasaran imunisasi
3. Daftar posyandu
4. Daftar ibu
5. Daftar anak, meliputi : Balita, Batita, Apras
6. Pendataan kematian ibu dan bayi
7. Pendataan pemakaian vaksin
8. Pemantauan kesehatan bayi
9. Input data rekap PWS KB
10. Input data rekap PWS KIA-Ibu
11. Input data rekap PWS KIA-Anak
12. Input data LB3KIA
13. Laporan-laporan : Kunjungan pasien, Penerimaan pembayaran, PWS KIA (Indikator kesehatan ibu), PWS KIA (Indikator kesehatan anak), Registrasi imunisasi, Hasil imunisasi dan pemakaian vaksin, Laporan bulanan kematian bay, Laporan bulanan kematian ibu, Laporan triwulan KIA, Laporan bulanan kesehatan reproduksi, Hasil kegiatan deteksi dini kelainan usia subur, Laporan bulanan PMS berdasrkan pendekatan sindrom melalui pelayanan KIA-KB

MODUL LABORATORIUM/RADIOLOGI
Merupakan modul Simpus untuk pencatatan di Unit Laboratorium/Radiologi. Modul ini telah terhubung dengan modul unit lainnya (menerima pasien dari loket maupun rujukan dari unit lain). Modul ini terdiri dari :
1. Master data tindakan/pemeriksaan
2. Pemeriksaan pasien, meliputi : Riwayat pemeriksaan pasien, Data pemeriksaan, Pembayaran, Fasilitas cetak hasil lab
3. Laporan-laporan: Laporan daftar pemeriksaan lab/radiologi, Laporan data pemeriksaan bulanan

MODUL   UGD
Unit pelayanan UGD memiliki beberapa berfungsi utama, yaitu: melayani pengobatan terhadap pasien rawat jalan diluar jam kerja loket, pemeriksaan awal pasien rawat inap, dan pemeriksaan pasien darurat. Untuk itu fitur-fitur yang disediakan dalam modul Simpus ini harus menyesuaikan dengan fungsi tersebut. Pada Simpus, modul UGD berisi fasilitas :
1. Penerimaan pasien langsung, termasuk didalamnya: Fasilitas pencarian data pasien (F1), Fasilitas cetak buku induk, Fasilitas cetak kartu pasien, Fasilitas cetak papir
2. Pelayanan pasien rawat jalan, meliputi: Diagnosa, Anamnesa, Tindakan medis, Pemeriksaan laborat / radiologi, Pembuatan resep, Preview riwayat pasien (medical record)
3. Fasilitas pembuatan surat keterangan: keterangan sehat, keterangan sakit dan surat kematian
4. Fasilitas pembuatan surat rujukan: umum, askes dan askeskin
5. Fasilitas rujuk dan mutasi: ke unit lain dan ke Rumah Sakit
6. Fasilitas pembayaran
7. Laporan-laporan: Laporan Register Pasien UGD, Laporan pelayanan pasien rawat jalan, Laporan pelayanan pasien rawat inap, Laporan penerimaan pembayaran, Rekapitulasi tindakan bulanan, Rekapitulasi jenis kunjungan

MODUL  RAWAT  INAP
Pelayanan pasien rawat inap sangat berhubungan dengan pelayanan UGD, oleh karena itu sistem aplikasi Simpus harus mampu mensinergikannya. Modul Rawat Inap dalam apllikasi ini menyediakan fitur-fitur sebagai berikut :
1. Master data kamar
2. Master data dokter
3. Penerimaan pasien termasuk didalamnya penempatan kamar perawatan
4. Data perawatan rutin pasien (harian)
5. Pasien selesai perawatan (pasien keluar)
6. Tagihan dan pembayaran
7. Laporan-laporan: Laporan daftar pasien masuk, Laporan daftar pasien keluar, Laporan daftar pasien dalam perawatan, Laporan pendapatan rawat inap, Laporan data visite dokter, Laporan data konsultasi dokter

MODUL  APOTEK
Modul kamar obat  (Apotek) memiliki fungsi pengelolaan obat di apotek dan tiap unit pelayanan. Modul Simpus ini menyediakan fitur-fitur sebagai berikut :
1. Master data obat dan alat kesehatan (alkes)
2. Master data suplier
3. Penerimaan obat dan alat kesehatan
4. Mutasi obat dan alat kesehatan
5. Penghapusan obat rusak/expired/isi tidak sesuai
6. Pelayanan resep dari poli
7. Stok opname tiap unit pelayanan dan puskesmas pembantu
8. Rekap stok (laporan LPLPO)
9. Laporan-laporan: Laporan master data obat dan alat kesehatan, Laporan master data supplier, Laporan penerimaan obat dari dinas, Laporan penerimaan obat dari swadaya puskesmas, Laporan daftar mutasi obat dari apotek, Laporan penghapusan stok, Laporan pelayanan detil pasien, Laporan jumlah lembar resep per katagori pasien, Laporan stok obat & lakes di gudang dan apotek saat ini, Laporan pemakaian obat

MODUL KEGIATAN LUAR GEDUNG
Modul Simpus ini mempunyai fungsi melakukan pendataan kegiatan pelayanan kesehatan di luar gedung. Terdiri atas sub modul :
1. Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit, meliputi: Daftar jenis penyakit dalam surveilans, Laporan bulanan data kesakitan, Surveilans terpadu penyakit, Laporan bulanan diare, Penemuan kasus ISPA/ILI (Influenza Like Illness)
2. Klinik Sanitasi/Penyehatan Lingkungan, meliputi: Daftar pasien klinik sanitasi, Rekapitulasi kegiatan klinik sanitasi, Data kependudukan, Penyehatan kualitas air, Penyehatan makanan dan minuman, Penyehatan tampat-tampat umum

MODUL  ADMIN  SISTEM
Modul Simpus  ini digunakan untuk melakukan pengelolaan sistem aplikasi Simpus, yaitu memiliki fungsi pengelolaan pengguna, master data, profil puskesmas dan proses transfer data. Isi dari Modul Admin Sistem adalah :
1. Pengelolaan profil puskesmas
2. User manager
3. Transfer data ke dinas
4. Fasilitas pengelolaan master data: master data pegawai, master data penyakit, master data tindakan, master data kecamatan, desa, puskesmas, puskesmas pembantu, wilayahkerja puskesmas, master data unit/poli/ruang periksa

MODUL  INVENTARIS  ALKES
Modul Simpus ini digunakan untuk melakukan pendataan dan pengelolaan barang dan alat kesehatan. Pada aplikasi Simpus, modul ini terdiri dari :
1. Master aset barang
2. Master ruangan
3. Fasilitas penerimaan barang
4. Fasilitas mutasi barang
5. Fasilitas penghapusan barang
6. Laporan-laporan aset barang, meliputi: Laporan penerimaan barang, Laporan kartu inventaris ruangan, Laporan kartu inventaris barang kendaraan, Laporan kartu inventaris tanah, Laporan kartu inventaris bangunan, Laporan kartu inventaris barang lain

MODUL  PONED
Pelayanan Poned memiliki pola yang sama dengan pelayanan rawat inap, bedanya di Poned hanya melayani persalinan ibu hamil. Dalam apllikasi Simpus ini, Modul Poned menyediakan fitur-fitur sebagai berikut :
1. Master data kamar
2. Master data dokter
3. Penerimaan pasien termasuk didalamnya penempatan kamar perawatan
4. Data perawatan rutin pasien (harian)
5. Pasien selesai perawatan (pasien keluar)
6. Tagihan dan pembayaran
7. Laporan-laporan: Laporan daftar pasien masuk, Laporan daftar pasien keluar, Laporan daftar pasien dalam perawatan, Laporan pendapatan rawat inap, Laporan data visite dokter, Laporan data konsultasi dokter

MODUL  GIZI
Modul ini merupakan fasilitas untuk mencatat pelayanan di Pojok Gizi, terdiri dari fasilitas :
1. Pelayanan pasien klinik gizi
2. LB3 Gizi
3. Hasil pengamatan konsumsi pangan, terdiri atas: Distribusi / pemberian tablet Fe Yodium dan vitamin, Status KLB gizi, Pemantauan penerimaan MP-ASI
4. Pemantauan status gizi, terdiri atas: Master Zscore dan status Zscore, Isian data, persen median, status Zscore, rekap dan grafik
5. SKPG, terdiri atas: Rekap konsumsi pangan keluarga, Kejadian rawan pangan, SKDN, SKPG

MODUL  APLIKASI  DINAS  KESEHATAN
Merupakan aplikasi Simpus di Dinas Kesehatan yang berfungsi sebagai pengolah data integrasi dari puskesmas-puskesmas atau puskesmas pembantu. Aplikasi ini meliputi:
1. Admin sistem, berfungsi untuk mengelola pengguna di dinas kesehatan dan mengisi profil dinas kesehatan
2. Gudang Farmasi Kota (GFK). Merupakan sarana pengelolaan gudang farmasi kota di dinas kesehatan, antara lain berisi : daftar obat/alat kesehatan, penerimaan obat/ alat kesehatan, distribusi obat/ alat kesehatan, stok opname, laporan-laporan kebutuhan GFK
3. Integrasi dan Analisa Data. Merupakan fasilitas untuk preview data laporan rutin puskesmas dan pengolahan data secara global seluruh wilayah. Laporan-laporan yang disajikan bisa dalam bentuk grafik dan tabel.
4. Pemetaan. Merupakan fasilitas untuk menampilkan kasus terkait penyakit surveilans dalam bentuk peta digital.

Leave a comment